/ 201804

Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mendaki Gunung

Akhirnya naik gunung lagi. Setelah beberapa rencana muncak batal, Prau akan menjadi gunung pertama yang akan gw datangi di tahun ini :D Penanjakan ke Prau ini juga mengingatkan kembali ke 3 tahun lalu, jaman belum berani naik gunung dan terus diajak-ajakin akhirnya mau juga dan Prau ini menjadi gunung pertama yang gw daki. Kalau dulu naiknya dari jalur Tapak Banteng, kali ini kita akan coba penanjakan melalui jalur pendakian yang cukup selow, umum diambil orang, yaitu jalur Dieng. Tapi sebelum naik gunung yuk gw mau sharing dulu apa saja yang perlu dipersiapkan.

Tulisan ini gw buat dengan maksud gw pingin sharing tentang hal-hal yang berhubungan dengan persiapan muncak, semua yang gw tulis ini merupakan opini pribadi dari beberapa penanjakan yang gw jalani. Tentu bisa saja beda dengan yang kalian pikirkan, gapapa, yang penting berbagi dulu siapa tau berguna :)

Persiapan Fisik

Melakukan kegiatan pendakian gunung, apapun gunungnya, sangat dibutuhkan persiapan yang satu ini, yaitu persiapan fisik. Minimal 2 minggu sebelumnya lari 3km per 2 hari sepertinya sudah lumayan cukup, atau olahraga ringan lainnya yang fokus ke menguatkan stamina, biar nggak gampang capek. Naik turun tangga juga bisa dipakai menjadi alternatif.

Persiapan Perlengkapan

Nah ini nih yang buat tas carrier jadi berisi, yaitu perlengkapan. Kalau mau dibagi lagi untuk perlengkapan dibagi 2 kategori yaitu perlengkapan tim / kelompok dan perlengkapan pribadi , mulai satu-satu dulu ya.

Perlengkapan Kelompok

1. Tenda

Perhitungan mau pakai tenda kapasitas berapa rasanya cukup nyaman kalau ambil yang jumlahnya sejumlah pendaki di tim kalian + 1 . Jadi kalau nenda berempat, bawa tenda yang isinya 5 orang sudah cukup nyaman, tidur nggak desek-desekan. Kalau mau lebih nyaman lagi di + 2 kan, nanjak ber-4 misalnya, bawa tenda isi 6 orang, ini nih lebih mantap lagi namanya.

Kalau boleh pilih tendanya, bawa tenda yang ada pelindung hujannya, dan ada jarak antara dataran dan pintu biar kalau banjir air tidak masuk, cari yang ada penutup tenda (flysheet) yang menutupi tenda utama, biar kalau hujan tetesan air tidak merembes ke dalam.

2. Cooking Set

Cooking set ini bener-bener yang sepaket ya, ada nesting / kompor portable, terus ada gas portable nya (bawa 1 yang full, jangan ambil resiko bawa yang sisa terakhir dipakai, takutnya pas uda naik gasnya ternyata habis malah jadi masalah baru) , dan ada panci wajan portable lengkap dengan sodetnya untuk masak makanan / masak air.

3. Makanan

Biasanya kalau naik gunung cuma di weekend, berangkat jumat malam, tiba di lokasi jumat pagi, pasti makan masih di basecamp, lalu kalau siangnya males masak enakan beli makan siang dari basecamp di pagi harinya, nanti makannya pas perjalanan menuju tempat mendirikan tenda. Jadi baru mulai masak itu hari Sabtu malam, dan Minggu pagi sebelum akhirnya turun lagi menuju basecamp. Jadi ada 2x masak.

Menu paling simpel adalah, spaghetti. Beli spaghetti La Fonte, 1 kantong bisa buat 3 orang, kalau ada 4 orang bawa 2 kantong cukup. Lalu bumbu cepat saji La Fonte, sama bawa keju dan parutannya. Itu saja udah enak. Atau menu sederhana simpel lainnya adalah bisa beras, lalu bawa dendeng atau abon sapi. Jadi kompor yang dipakai cuma buat masak nasi saja, dan masak air panas. Lebih mewah dikit bisa bawa kentang, buah-buahan seperti apel, atau nanas. Oh bisa juga bawa bumbu instan nasi goreng juga masaknya cepet, yang penting nasi masak sempurna, tuang bumbu dan tinggal di oseng-oseng, bisa ditambah dengan potongan sosis/bakso.

4. P3K

Persiapan obat-obatan wajib nih, yang kudu dibawa ada Betadine, Salonpas koyo, Counterpain, Vicks, kapas, dan kasa. Biasanya yang kepakai itu Counterpain, paling kepakai pas nanjak kalau pegel atau kram langsung saja pakai ini, pijet-pijet dikit, istirahat, dan siap buat melanjutkan penanjakan. Buat jaga-jaga bisa bawa juga emergency blanket untuk dipakai kalau tiba-tiba ada yg kedinginan.

5. Tambahan

Tambahan tapi wajib dibawa, yaitu plastik sampah hitam yang besar. Minimal ada 1 untuk per tim, ingat kata pepatah, jangan meninggalkan apapun di gunung kecuali kenangan.

Perlengkapan Pribadi

1. Air

Air 1.5 liter wajib dibawa untuk masing-masing pendaki, biasanya minimal bawa 3 botol full untuk pendakian di weekend. 1 Botol dipakai pribadi untuk hari sabtu, botol kedua dipakai untuk hari minggu, dan sisanya untuk sharing. Kalau bisa bawa lebih itu lebih baik lagi, syukur di tempat nenda ada mata air yang bisa direbus juga.

2. Coki-coki - Fitbar - Madu Sachet

Makanan ini gunanya untuk penambah stamina. Coki-coki dan fitbar ini lebih ke penambah energi, sedangkan madu dipakai untuk kalau lagi dingin-dingin biar bibir nggak pecah-pecah bisa sambil emut-emut madu sachet.

3. Sepatu / Sendal Gunung

Ini disesuaikan dengan medan penanjakan dulu ya, kalau untuk penanjakan Prau via Dieng ini sepertinya sendal gunung pun sudah cukup. Khusus untuk yang pakai sepatu gunung, pastikan lagi jarak antara ujung kaki dan ujung sepatu nggak terlalu lebar spacenya, kalau lebar jaraknya fix pasti pas turun gunung jari-jari kaki bakal nabrak dinding sepatu dan lama-lama luka dan mengganggu perjalanan turun kembali ke basecamp. Kelebihan sendal gunung juga kalau hujan lebih cepat kering dibanding sepatu gunung / sepatu kets yang akan menyerap air.

4. Sleeping Bag & Matras

Dipakai untuk tidur di malam hari terutama saat dinginnya pos terakhir kalian mulai memasuki keseluruhan tenda. Jangan pernah menyepelekan kualitas tidur, setelah lelah naik gunung dan pasti melelahkan, kualitas tidur harus benar-benar dijamin enak. Jadi jangan beli sleeping bag yang tipis atau yang murah meriah, cari yang benar bisa menjaga badan tetap hangat saat dipakai. Guna matras dipakai sebagai alas dibawah sleeping bag, jadi kalau dataran dibawah tenda bebatuan dan kasar tetap nggak mengganjal di punggung badan saat tidur karena sudah dialasi dengan matras.

5. Jaket

Jaket yang dibawa yang baik adalah yang tahan dingin, wind breaker, dan waterproof. Terkadang nggak semua jaket bisa memiliki 3 fungsi itu, kadang ada yang cuma waterproof wind breaker tapi ternyata nggak bisa dipakai untuk dingin-dinginan. Ya kalau terpaksa harus bawa lebih, mending bawa maksimal 2 jaket. Oh kalau di prioritasin, mending cari yang bisa wind breaker dan waterproof dulu, karena untuk dingin-dinginan bisa dibantu dengan kaos dalemannya. Jadi tetap cukup bawa 1 jaket saja.

6. Baju Hangat - Topi Kupluk - Penutup Telinga - Sarung Tangan

Super-super-super rekomen banget sama legging dan kaos lengen panjang 'Heatech' nya Uniqlo. Beneran ajaib bisa keluarin rasa hangat, gw pernah waktu itu lagi dingin-dinginan yang lain bawa double dan jaket, gw cuma pakai kaos heatech dan jaket tipis. Sekarang ternyata dia ngeluarin lagi produk barunya yg diatas 'Heatech' yaitu Ultra Warm dan Extra Warm. Kalau masi di Indonesia jangan beli yang Ultra ya kayak-kayaknya overkill. Topi kupluk cukup wajib , cari yang yang bisa nutupin telinga juga biar nggak kedinginan. Sama sarung tangan yang agak tebal dibawa juga ya.

7. Headlamp

Gw bilang ini wajib dibawa juga, biar pas malam hari atau subuh-subuh mau ke puncak, kedua tangan bisa bebas bergerak tanpa harus rempong sama pegangin senter. Cari headlamp yang lampunya terang, kalau bisa yg dua warna merah dan putih. Pastiin bawa ekstra baterai juga.

8. Powerbank

Sudah jelas ya, misal handphone ada signal di puncak jadi bisa dipakai powerbanknya. Powerbank juga bisa dipakai untuk ngecharge go pro atau kamera sampai speaker portable sekalipun. Mungkin ga harus beli banyak, bisa pinjem temen-temen yang nggak naik gunung aja.

9. Carrier

Carrier ini agak tricky, nggak harus bawa yang kapasitas besar untuk bisa bawa banyak barang, yang penting adalah manajemen tata letak barang-barangnya. Biasanya gw suka implementasi yang ini.

9. Tambahan

Ini sifatnya nice to have ya, bisa bawa manset , jadi kalau naik turun gunungnya bisa pakai kaos lengen pendek aja, lebih adem kan, terus tangan ditutupin manset biar nggak terbakar matahari. Jadi nggak perlu lagi turun naik gunung pakai kaos dan jaket, adanya malah kepanasan dan keringatan lebih banyak dan konsumsi air jadi lebih banyak lagi.

Tambahan lainnya, tracking poll. Bawa sepasang ya, kepakai banget buat naik maupun turun.