Hello! Lanjut lagi ke Episode 3 dari full tutorial cara membuat website sendiri di AWS, yang semua list nya bisa dilihat disini

Download Putty

Buka link ini terus download yang putty.exe dan puttygen.exe

Lalu buka puttygen.exe yang tadi di download, tekan Load, lalu ubah pilihan extension di kanan bawah dari *.ppk ke all files, lalu pilih file ghost.pem yang di tutorial kedua sudah disimpan, nanti ada pop up, tekan ok.

Lalu tekan Save Private Key, yes, dan file ghost.ppk akan terbentuk.

Nah setelah jadi file ghost.ppk , file ini disimpan saja di tempat yang aman karena file ini akan terus dipakai setiap kali kita mau akses EC2 kita.

Set Public IP

Kembali ke console, awalnya AWS memang sudah membuatkan public IP untuk EC2 kita, tapi public ip itu belum terdaftar, jadi kita perlu buat sendiri lagi dengan mengklik Elastic IPs

Lalu tekan Allocate New Address

Tekan Allocate

Maka akan terbentuk ip address yang baru, tapi public ip ini belum ngelink dengan instance EC2 kita.

Nah terus klik close, lalu pilih Elastic IP kita tadi, tekan Actions dan pilih Associate Address

Pilih pilihan instance yang mau kita link, saat itu cuma ada 1 opsi yang bisa dipilih, lalu centang yang Allow Elastic IP, tekan Associate.

Proses inilah yang akan ngelink antara EC2 dan public IP.

Connect ke Server dengan Putty

Ini nih yang paling seru, kita habis ini akan connect ke server EC2 kita ini dengan putty.exe. Awalnya coba tekan Instances di menu kiri, lalu perhatikan Public DNS yang sudah di kotak merah dibawah ini.

Silahkan di copy isi dari public DNS, lalu buka putty.exe

Sekarang di bagian Host Name ketik "ubuntu@" diikuti paste Public DNS tadi, bentuknya akan menjadi seperti ini
ubuntu@ec2-52-74-186-154.ap-southeast-1.compute.amazonaws.com

Buat port 22, lalu di sebelah kiri expand pilihan SSH, lalu pilih Auth, pada kotak Private key file for authentication tekan Browse, dan pilih ghost.ppk tadi.

Sekarang klik Opsi Session di Category kiri, lalu ketik di bagian Saved Sessions, misalnya ghost,dan tekan Save. Nanti semua konfigurasi tadi akan tersave. Tekan Ghost tadi, tekan Load, dan tekan Open, ada pop up tekan Yes.

Harusnya kalau semua berjalan lancar, kalian sudah bisa masuk ke server dan muncul tampilan berikut

Selamat! tinggal beberapa step lagi.