/ 201701

Web Tutorial [S01E02] | Cara Buat Instance EC2

Tutorial ini adalah bagian kedua dari tutorial pertama yang bisa diakses di link ini. Di bagian kedua ini, kita akan menggunakan service EC2 yang ada di AWS.

Amazon EC2 adalah cloud server kita sendiri yang bisa kita atur-atur sendiri konfigurasinya. Nah sejak kita buat account, kita sudah dapat gratis server dari AWS untuk pemakaian 1 tahun. Jadi kalau tahun depan sudah mau habis, ternyata bisa kok kita buat account lagi, pakai kartu kredit yang sama, dapat gratis 1 tahun lagi, dan pindahin deh semua isi server kita disini ke account yang baru.

Di EC2 ini kita bisa connect ke dalam server dan isi dengan semua codingan dan website system kita. Tanpa lama lagi, yuk lanjut dari setelah log in, dan sudah masuk ke console, gw akan ajarkan cara membuat instance EC2 sendiri sampai instance kita sudah running. Susah? Nggak gampang juga kok, modal baca teliti aja ikutin step-stepnya satu persatu sudah bener-bener gw screenshoot tiap stepnya.

Yang paling penting sebelum mulai step dibawah, cek bahwa di kanan atas ada lokasi server , pilih yang SINGAPORE buat anda yang berada di Indonesia, atau pilih negara lain yang dekat dengan server terdekat. Hal ini penting karena gratisan kita cuma bisa untuk 1 lokasi saja.



Tekan Service, lalu pilih EC2


Di step ini nanti keliatan ada berapa instance yang jalan Pilih Launch Instance.


Kita akan pakai Ubuntu untuk OS nya, jadi bisa Select yang Ubuntu Server 16.04 .....


Nah ini pilihan paketnya, pastiin pilih yang gratisan itu tipenya t2.micro . Lalu tekan Next: Configure Instance Details


Di Configure Instance Details ini nggak ada perubahan apa-apa, klik Next: Add Storage


Disini bisa diatur berapa besar storage server kita, ganti dengan 20 , lalu Next: Add Tags


Isi value dengan "Ghost" , lalu tekan Next: Configure Security Group


Di Security Group ini adalah tempat mengatur traffic apa saja yang bisa mengakses server kita. Pilih radio button Create a new security group, lalu beri nama "ghost-security-group". Di table bawahnya tekan Add Rule, pilih Type All traffic dan Source nya Anywhere, lalu terakhir tekan Review and Launch.


Disini halaman Review pastiin saja sudah sama ya pilihan yang tadi dipilih, kalau sudah ok semua tekan Launch


Akan muncul pop up untuk pembuatan key pair . Pilih Create a new key pair, dan beri nama "ghost" dan Download Key Pair, nanti akan dapat file dengan nama ghost.pem. Nah file ini disimpan saja dan jangan sampai hilang karena ini wajib dipakai di tutorial berikutnya, setelah itu lalu tekan Launch instances.


Selamat instance sudah jalan, sekarang tekan View Instances


Di screen ini bisa tekan refresh di kanan atas sampai semua kolom-kolom sudah nggak ada yang running lagi, sampai di tahap ini kalian sudah punya instance yang jalan, tapi masih kosong. Setelah ini baru kita akan isi. Di console ini juga kita bisa restart instance, terminate instance, terus create baru dan lain-lain. Selama jumlah instance yang jalan itu 1 dan pilih t2.micro semuanya gratis. Jadi kalau misal kedepan pingin latihan-latihan lagi biar lancar, bisa juga terminate instance yang sudah ada lalu create baru lagi.

Tutorial berikutnya akan membahas gimana cara mengisi server kita ini dengan Ghost.