Ini lanjutan dari postingan pertama yang bisa dilihat disini. Karena di postingan pertama menceritakan tentang eksplorasi daerah selatan, di post ini akan dibahas untuk eksplorasi utara.

Eksplorasi Daerah Utara Jogjakarta

1. Punthuk Setumbu

Di Magelang sebenarnya banyak sekali spot-spot wisatanya, tapi kami hanya sempat ke Punthuk Setumbu yang merupakan perbukitan dengan view menghadap ke Candi Borobudur. Perjalanan dari kota Jogjakarta bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mobil dengan kondisi jalan yang sangaat bagus. Spot persisnya bisa lihat disini, tinggal diikuti dan nanti akan sampai di tempat parkirnya.

Setelah parkir, akan ada sedikit hiking kira-kira 10 menit sampai di tempat spot mengambil foto sunset. Tempat ini menjadi favorit para sunrise hunter karena selain bisa melihat matahari terbit, juga akan terlihat pergerakan kabut-kabut yang bergerak lembut dibawah. Sebagai tambahan, karena jarak bukit ke candi Borobudur itu jauh disarankan membawa lensa tele yang panjang kalau memang ingin mengambil foto sunrise dengan view close up candi Borobudurnya. Biaya masuk 15 ribu per orang, dan 10 ribu untuk parkir mobil.


2. Gereja Ayam

Ini dia spot yang mulai ngehits sejak dibawa masuk ke dalam film AADC2. Orang-orang mengenal gedung ini dengan sebutan gereja ayam karena bentuknya seperti ayam, tapi tahukan kalian, kalau sebenarnya itu bukan ayam, melainkan merpati. Yap, dan itu bukan gereja, melainkan tempat yang memang dibangun untuk berdoa bagi semua pemeluk agama. Jadi bukan untuk yang katolik saja tapi siapapun yang mau berdoa ada ruangan-ruangan kecil di bagian bawah gedung dan bisa dipakai.

Untuk menuju kesini sangat mudah, tinggal jalan kaki dari Punthuk Setumbu sekitar 10 menit melewati sedikit kontur naik-turun. Dikenakan biaya 15 ribu per orang dimana setelah puas muter-muter digedung itu nanti kita dapat singkong goreng dengan sambalnya yang enak.