Yaaaap! Tampilan baru! Berhubung gw bosan dengan tampilan bawaan Ghost dengan theme caspernya, akhirnya gw berselancar mencari theme-theme apa yang kira-kira gw banget. Pertama gw coba cari di link ini , yaitu themeforest. Di link ini, semuanya berbayar. Kita bisa live preview dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Dan itulah yang 2 hari belakangan ini gw lakukan sebelum tidur, gw lihat satu persatu, sampai habis tuh semua page sudah gw lihat semua.

Dari semuanya akhirnya tersisa 4 pilihan yaitu

Kriteria yg gw pakai sampai terkumpul 4 terakhir ini yang penting simpel, dominan putih, tapi walaupun simpel juga ada gw pingin ada banyak gambar yang terlihat di tiap post, biar orang nggak bosen. Untuk layout tampilan depan gw suka yang 1 kolom, atau maksimum 2 kolom. Lalu yang nggak kalah penting itu gw pingin ada tag list di depan, biar memudahkan kalau orang pingin search based on topik yang sudah gw tag. Terakhir, ada instagram preview. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya gw putuskan buat pilih Curious.

Curious

Setelah bayar dengan Credit Card, kita bisa download source codenya. Installnya pun mudah sekali, cukup buka General di editor, lalu install theme dan pilih .zip nya. Gw pikir setelah install, sudahlah tinggal tidur tenang, ternyata tidak demikian.

Coba bandingkan preview ini dengan tampilan gw.

Pertama, gw ga suka garis kuning di tampilan depan yang ada di header atas, nggak suka ada kotak subscribe, dan nggak suka fontnya. Jadi gw opreklah codingannya, bongkar CSS, bongkar Handlebarnya, dan buang-buangin. Setelah itu, ternyata gambar di header selalu dikasih opacity yang mengganggu, akhirnya buat class baru khusus untuk header atas. Untuk description dibawah header gw masih suka efek typing yg gw pasang seperti di tampilan yang lama, akhirnya tetaplah gw pertahankan typing itu. Bikinnya gampang, tinggal lihat di sini

Kedua, ternyata di dalam postingan, ada comment yang harus di klik dulu baru bisa muncul. Gw pikir ribet banget buat nulis comment harus klik segala, jadi mesti gw oprek lagi bongkar javascriptnya, perhatiin bagian mana yang ngurus onclicknya, dan gw ganti-ganti lagi biar langsung saja commentnya terlihat pas buka postingannya.

Ketiga, font di dalam postingan yang dipakai untuk content juga gw ga gitu sreg, masih suka yang bawaan ghost yaitu font Merriweather bisa di download di sini. Oprek lagilah gw untuk pakai font itu.

Seru juga ternyata oprek front end, sudah lumayan lama nggak mainan front end ternyata masih bisalah dikit-dikit. Untuk design yg dipakai sampai saat ini bagi gw ini sudah design yg gw banget sih, mungkin kalau ada niat dan waktu, gw masih pingin ganti header di halaman depan itu seperti design lama yang full screen ada gambar headernya. Kalau sempat ya...tapi overall, sekarang seperti ini juga gw sudah puas.