/ 201702

Review Trip ke Makassar dan Tanjung Bira[4]

Hari Keempat

Selasa, 14 Februari 2016

Hari terakhir kami di Tj. Bira! Rasanya, tiap detik saat menyantap sarapan ini berjalan lambat. Gw suka diam ngerasain tiap nafas dari udara segar pagi hari yang menyentuh kulit, segar sekali. Melihat dari ujung sampai ujung pantai yang sebentar lagi akan kami tinggalkan. Jam 8 Pak Haji datang, dan kami meninggalkan Tj. Bira.



Tempat Pembuatan Pinisi

Tujuan berikutnya di pagi ini yaitu tempat pembuatan kapal pinisi. Memang disini sangat terkenal dengan kualitas kapalnya. Lokasi persisnya dimana gw kurang tau tapi cukup dekat dengan Tj. Bira. Sesampai disana, kami melihat sampai naik ke atas kapal-kapal yang sedang dibangun. Ukurannya besaaaar sekali, mungkin kalau diumpamakan rumah, kapal ini setinggi rumah 4 lantai. Beruntung kami bisa mengobrol dengan arsitek kapal, dia bercerita pembuatan kapalnya saja bisa 4 Miliar rupiah, dan nanti sampai semuanya benar-benar selesai full furnished itu bisa habis 14 Miliar rupiah. mantap ya. Nggak kalah sama rumah-rumah mewah di Jakarta, kalau disana view menghadap pantai sudah buat mahal, kapal ini malah menawarkan view pantai, laut, dan apapun yang kamu suka bisa kamu dapatkan.

Oleh-oleh

Hari ini nggak banyak foto yang diambil karena fokus kita sudah cari oleh-oleh saja. Kami sampai di kota Makassar lagi itu sekitar jam 2 siang, lalu cari oleh-oleh di tempat yang gw lupa namanya. Lalu kita kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore hari. Oh iya, jangan lupa bawa oleh-oleh ikan bakar, kalau gw waktu itu beli ikan bakar di Lae-lae 2 ekor kerapu, dan 1 ekor kakap, total 210.000 rupiah, lalu kan gede banget tuh tempatnya, nah bisa di packing di kardus pas beli oleh-oleh itu, jadi bisa masuk kabin deh ikannya. Tau gitu waktu itu gw bawa mi Titi juga ya, tapi nggak sempat takut nggak bisa masuk ke kardus. Jadi ngakalinnya beli makanan-makanan besar, baru terakhir ke tempat oleh-oleh untuk packing jadi 1 dus besar.

Kalau sudah sampai dirumah kayak gini kan pasti jadi enak banget.

Demikian review panjang dari trip ini, untuk kalkulasi habis berapanya lagi gw hitung-hitung lagi. Nanti kalau sudah selesai pasti akan di update di part 1 ya, silahkan cek disini. Sampai jumpa di cerita pelancongan berikutnya