Tempat kerja yang menyenangkan itu kalau didukung dengan lingkungan temen-temen yang juga seru. Dari sekian banyak project, tetep project lama gw yang ini, RCMS, masih yang paling berkesan. Padahal awalnya gw ditaruh disana karena project RCS sudah nggak bisa nerima gw, alasan waktu itu disana sudah penuh orang, padahal hati tetep nggak bisa bohong kalau waktu itu gw masih tetep pingin banget buat join balik ke project itu, apa boleh buat, hari-hari baru waktu itu harus dimulai di RCMS. Lingkungan baru, project baru, codingan baru nan ajaib, dan sebagainya.

Siapa sangka, justru banyak cerita yang terjadi disana. Awalnya dimulai dari tim kecil beberapa orang diassign kesana, dicemplungin ke base source code yang dari KL punya, pakai framework baru, dan bener-bener tenggelem semuanya, bingung hilang arah kemana codingan ini berjalan dari belakang ke depan. Dokumentasi minim banget, dan waktu itu development sudah mulai. Waktu itu tertatih-tatih banget buat cari tau ini itu, nambah menu aja kelimpungan banget, nyari-nyari sekian lama akhirnya nemu caranya, terus kita mulai bikin dokumentasi pelan-pelan yang pada akhirnya masih dipakai sampai sekarang. Dari dulu disana nggak pernah ada yang namanya senioritas, yang techlead pun belum tentu tau semua, semua belajar bareng intinya.

Setelah fase-fase awal live, di fase berikutnya mulai lancar. Nggak sehectic dulu lagi, kita mulai bisa ngatur waktu, kerja smart dan efisien, dan sampai ada waktunya bahkan siang-siangpun bisa karaokean, bisa jalan bareng keluar kantor nonton Jokowi diarak haha, sering banget pulang kantor nonton bareng, jalan bareng, semuanya bareng. Emang anak-anaknya mure jalan semua juga soalnya haha. Sampai akhirnya fase selanjutnya live, terus kita makan-makan.

Kalau ada yang ulang tahun, mau dia lagi di client, atau di HQ juga kita samperin, bawain kue, dan nggak pernah skip buat rayain bareng. Mungkin cuma kebagian sepotong roti, tapi waktu itu kalau bisa ngumpul-ngumpul rasanya hidup sekali. Nggak ada drama-drama heboh, kerja ya kerja, main ya main.

Mulai habis itu kita sering jalan bareng keluar kota, baik di Grand Trip, atau mau coba naik Paralayang, uda sampai puncak tau-tau batal karena lagi dipakai acara internasional. Balik lagi ke Jakarta haha.


Tim yang uda solid banget ini mulai kurang satu persatu karena ada yang resign,

Tapi tetep, kita hepi terus, mau kerja sampai lembur-lembur, jadi orang yang terakhir di kantor malam-malam, tetep happy. Kalau sudah jam 9 ++ gw biasa setel lagu-lagu penyemangat, yg nyanyi-nyanyi rame-rame, atau joget-jogetan, aneh-aneh bareng-bareng udah biasa. Nggak ada lagi malunya haha.




Hingga akhirnya, ini foto terakhir pas gw main ke HQ lagi, bisa kumpul lagi seproject lama, mungkin sekarang sudah beda-beda jalannya, tapi tetep selalu ada waktu buat ketemu lagi :D