/ 201701

post·grad·u·ate

Setelah gw sudah mantap buat mengambil S2 mengenai Big Data , gw mulai gali lebih dalam lagi informasi-informasi mengenai lokasi dan spesifik jurusannya apa. Setelah ngobrol lumayan lama juga dengan bokap, gw membagi kira-kira ada 3 lokasi besar yang bisa gw pilih yaitu antara Australia, Eropa, atau UK.

Dari 3 ini kalau dipersempit lagi yang benar-benar pingin gw pilih berdasarkan minat, tentu gw pilih UK. Alasan utamanya selain kualitas edukasinya baik, juga gw bisa belajar bahasa dengan lebih bagus. Tapi kalau alasan lainnya sih ya karena pingin nonton EPL live hahaha. Untungnya Februari tahun lalu sempat kesana lumayan lama dalam rangka jemput ade gw selesai kuliah, dari sekian minggu disana muter sana-sini ke beberapa kota lihat langsung univ di Manchester, Liverpool, London, Oxford, bahkan sampai Edinburgh, gw uda ngebatin oke nanti moga-moga bisa S2 disini, nah sekarang waktunya yang tepat buat merealisasikannya. amiiiiin

Selanjutnya gw mulai membuat daftar universitas di UK yang ada program seputar Big Data, setelah di listing ketemulah 44 program di berbagai universitas. Setelah lihat ranks nya dapatlah top 5 nya, dan dari sana mulai gw perdalam lagi cari info tentang syarat-syaratnya apa saja. Rata-rata memang IELTS 6.5, jadi memang target pendek ini Maret nanti harus bisa lewatin tantangan IELTS dulu. Cepet juga loh kalau dipikir-pikir, ini rata-rata mulainya September 2017 ini, artinya kalau semuanya berjalan lancar, tahun ini bakal ninggalin Indonesia dulu untuk sekolah. Kurang motivasi apalagi coba tuh.

Master List

Nah kira-kira jadinya seperti ini, buat yang mau lihat templatenya
sebelumnya bisa register airtable di link ini setelah itu baru deh bisa buka attachmentnya