Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga. Koridor 13 sudah beroperasi sejak sekitar Agustus 2017. Selama koridor ini beroperasi, operasional hanya berjalan sampai jam 7 malam, alasannya adalah belum ada lampu yang menerangi di sepanjang jalan layang khusus busway ini. Rencananya, perpanjangan operasional akan dilakukan di bulan Januari, namun ternyata di bulan tersebut belum ada perpanjangan, hingga akhirnya Senin 9 April 2018, percobaan perpanjangan ini dilakukan, hingga jam 11 malam. hore! :D

Awal berita baik ini muncul dimulai dari instastory akun resmi Trans Jakarta yang menanyakan pendapat berikut. Langsung netizen pun menyambut dengan amat positif, 96% setuju dengan perpanjangan ini.

Dilanjutkan dengan keesokan harinya, secara resmi Trans Jakarta memperpanjang jam operasional koridor 13 ini. Perpanjangan ini masih bersifat sementara, masuk dalam masa percobaan selama 1 bulan.

Gw pribadi adalah pelanggan yang menggunakan koridor 13 ini sejak awal beroperasi. Seketika instastory pertama muncul, gw langsung coba konfirmasi pada petugas Trans Jakarta di salah satu koridor yang gw lewati. Hari itu adalah hari senin, hari pertama percobaan, petugas itu bilang mulai dari hari itu akan ada perpanjangan, lalu gw coba tanya kalau gitu lampu penerangan sudah dipasang ya. Ternyata, menurut petugas itu alasan lampu penerangan yang belum dipasang bukanlah faktor utama mengapa operasional cuma sampai jam 7. Ternyata, dibelakangnya, ada pihak metromini trayek Ciledug-Blok M yang tidak terima adanya operasional busway di jalur mereka sehingga mereka meminta hanya berhenti sampai jam 7 malam. Bagi-bagi rezeki lah, katanya. Lalu gw tanya lagi kalau gitu sekarang mereka sudah nggak masalah dong ya kalau diperpanjang begini, petugas menjawab, justru nanti trayek Metromini ini tidak lagi diperpanjang. Inilah yang menyebabkan esok harinya, hari Selasa, pas gw mau balik jam 8 malam ternyata halte Tendean sudah mau ditutup, Ada bentrok dengan Metromini di Blok M. Detail seperti apa gw nggak tau, dan bagaimana kelanjutannya apakah jadi diperpanjang atau tidak akan ditentukan di hari Rabu.

Hingga di hari rabu itulah, baru akun resmi sudah mengabarkan perpanjangan ini, di Detik dan Republika sudah ada beritanya, kalau begitu resmi sudah perpanjangan koridor 13 ini. Sekarang kalau pulang bus sudah tidak seramai dan sepadat saat jam 7 malam.

Semoga kedepan tidak ada masalah ya. Selamat untuk Trans Jakarta, selamat melayani 15.000 pelanggan di Koridor 13 dengan rute Blok M-Ciledug, Pancoran Barat-Ciledug, Tosari-Ciledug dan Ragunan-Ciledug. Sukses selalu.