/ 201701

MicroSD Pilihan

Ceritanya,

selama ini gw cuma punya 1 MicroSD, yaitu SanDisk Ultra 32GB yang biasanya selalu dipasang di GoPro. Kebiasaan gw setelah pakai, daripada transfer hasil foto/video pakai Wi-Fi GoPro ke hp, lebih cepat langsung pindahin saja MicroSD nya ke hp, jadi semua foto bisa langsung kelihatan di hp. Lebih cepat dan lebih praktis. Tapi ya gitu, jadi sering pindah-pindahin memory antara 2 device itu karena gw belum perlu untuk beli memory lagi sementara internal memory di hp juga masih ada space lumayan banyak.

Nah kemarin minggu, kebetulan adik gw lagi mau benerin hp, karena screen iPhone lamanya pecah..cah..cah... hidup di Cilegon memang keras ya ros. Setelah cari informasi, biaya penggantian kaca sekitar 1.5 juta di sebuah toko gadget di SMS. Waktu itu gw, bokap, dan adik gw lagi disana dan sambil liat toko-toko hp juga. Singkat kata, daripada benerin screen habis segitu, akhirnya gantilah dia ke android . Screen Guard sudah dipasang, tapi belum beli memory nya. Gw bilang, beli aja di Tokopedia.

Dimalam itu, gw lagi coba pakai hp bokap, dia pakai Note 2. Memang bokap awet banget kalau pakai barang, sudah 4 tahun lebih dipakai dan secara keseluruhan hp itu masih sesuai dengan kebutuhan dia, jarang jatuh, nyaris nggak ada lecet-lecet, dan semuanya masih berjalan baik, katanya. Padahal kalau gw lagi iseng coba pakai, uda gregetan sendiri, coba buka gmail terus pindah app ke browser lain, search di tab pertama, add new tab, dan googling lagi di tab yang baru, semuanya...buat gw...berjalan.. lambat. Pas cek memory , internalnya sisa sekian MB, dan external nya.. nihil.. astaga, ternyata selama ini bokap nggak pernah pakai external memory. Pantaslah lambat.

Extreme Pro - Extreme - Ultra


Akhirnya, berangkat dari 3 cerita diatas, malam itu mulailah gw cari-cari MicroSD di Tokopedia. Ternyata dari hasil observasi singkat malam itu, gw menemukan ada 3 kelas terbaik dari sebuah MicroSD yaitu tipe

  • Extreme Pro (95MBps)
  • Extreme (90MBps)
  • Ultra (80MBps)

Terus kita bertiga ngobrol, adik gw pingin yang kapasitasnya paling besar, akhirnya dengan mempertimbangkan harganya juga, dia pilih yang Extreme 128GB , karena dibanding dengan ukuran sama tapi Extreme Pro lumayan jauh bedanya.

Buat bokap gw, juga sekalian pingin yang paling besar, tapi karena data-data dia juga nggak terlalu banyak dan keluar masuk data tidak sesering gw atau adik gw, gw saranin yang ultra 128GB saja, dengan pertimbangan kalau harga ditambah 50ribu baru dapat yang Extreme tapi cuma 64GB.

Sementara gw, karena gw melihat kebutuhan kedepan mungkin 4K recording akan menjadi sesuatu yang umum, dan uda lama banget gw pingin maksimalin GoPro gw yang sudah support 4K tapi gw nggak pernah pakai, belilah gw yang Extreme Pro , cukup yang 64GB. Gw mikir nanti pasti seru banget tuh kalau trip Februari bisa ngedit video 4K, kayak apa rasanya ya, render nya lama banget kali tapi hasil akhirnya, wow.

Beli di Tokopedia

Setelah tau mau beli apa, langsung buka app nya, search MicroSD , sort berdasarkan penjualan, lihat satu-satu dan ratingnya, ketemulah dengan toko ini.

Besoknya barang sudah sampai, dan gw baru tau ada sticker Genuine di belakangnya, setelah cek web nya, baru tau ternyata dia termasuk dealer resmi untuk SanDisk, dan Kingston. Wah mantap nih. Jadi buat yang mau beli, gw merekomendasi untuk bisa ke toko itu juga karena gw merasa sangat aman dari sisi orisinalitas barangnya.

Performa

Setelah barangnya sampai, dan dipasang di hp masing-masing, gw langsung urus semua pemindahan data. Intinya, semua yang ada di internal memory langsung dipindahkan ke MicroSD . Lalu apa hasilnya ? Baik hp gw dan hp bokap gw, langsung kerasa banget performanya jauh-jauh-jauh lebih cepat. Buka app, pindah-pindah app, semua jadi jauh lebih cepat. Paling kerasa pas buka Gallery , baru buka, kayaknya belum 1 detik, semua thumbnail langsung kebuka, nyoba scroll-scroll terus ke bawah juga thumbnail loading nya cepet banget, dan performa ini juga sudah bisa didapat mulai dari sang ultra loh. Jadi, misal ada yang mungkin butuh media penyimpanan di hp, gw bisa merekomendasi untuk ambil yang kelas Ultra keatas.

Harga

Oiya untuk harga, gw beli di harga seperti dibawah ini.

Semoga rekomendasi yang lebih panjang ceritanya daripada infonya ini dapat membantu anda semua.