Asian Games adalah acara olahraga terbesar di level Asia. Acara ini sangat bergengsi, diselenggarakan 4 tahun sekali dengan menghadirkan banyak cabang olahraga. Yang menjadi jauh lebih spesial pada Asian Games kali ini adalah karena Indonesia akan menjadi tuan rumahnya, digelar di 2 kota berbeda yaitu Jakarta dan Palembang.

Sambil baca , sambil denger lagu ini biar makin dapet feelnya

Logo Asian Games

Mengenal lebih jauh mengenai logo Asian Games 2018 ini, bentuk logo menggunakan bentuk dasar lingkaran dengan potongan-potongan warna yang tersusun serupa dengan bentuk Stadion Utama Gelora Bung Karno. Berbagai macam warna ini menjadi cerminan masyarakat Indonesia yang beragam dan pluralis. 2 Poin utama disini ialah semangat sebagai tuan rumah dan menghargai kebegaraman.

Energy Of Asia

Tagline Energy of Asia makin menambah semangat menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi energi baru di wilayah Asia.

3 Maskot Utama

3 maskot yang dipilih dalam Asian Games kali ini diambil dari 3 hewan khas asal Indonesia yaitu Burung Cendrawasih, Rusa Bawean, dan Badak Jawa.

Bhin Bhin

Bhin Bhin mengambil bentuk Burung Cendrawasih dengan warna utama kuning, mempunyai buntut panjang. Burung ini dipilih untuk mewakili nilai keindahan. Rompi yang dikenakan ini mengambil desain motif batik suku Asmat di Papua yang menggambarkan untuk melakukan sesuatu dibutuhkan strategi agar tujuan bisa tercapai.

Atung

Atung ialah Rusa Bawean menggunakan sarung khas Jakarta dengan motif batik Tumpal. Yang agak miris adalah hewan ini mulai langka karena tanduknya sering menjadi incaran para pemburu liar. Atung melambangkan kecepatan.

Kaka

Kaka adalah Badak Jawa yang lagi-lagi juga mulai langka. Menurut data WWF, badak jenis inilah yang merupakan jenis badak yang paling langka, untuk itu pemerintah mengangkat hewan ini menjadi maskot untuk mengingatkan masyarakat agar ikut sadar menjaga dan juga membantu melawan perburuan liar. Kaka menggunakan pakaian motif bunga khas Palembang yang melambangkan kekuatan.

Jadi ada 3 motif ya yang disematkan pada tiap maskot Asian Games ini, Bhinbhin sang cendrawasih dengan rompi suku Asmat Papua. Lalu ada Atung, sang Rusa Bawean dengan sarung Tumpal Jakarta, dan Kaka sang badak jawa dengan pakaian motif batik Palembang.

40 Jumlah Cabang Olahraga

40 cabang olahraga Olimpiade terdiri dari:

Anggar.
Angkat Besi.
Atletik.
Badminton.
Balap Sepeda.
Baseball / Softball.
Bela Diri
Berkuda.
Bola basket.
Bola tangan.
Bola volley.
Bowling.
Bridge.
Canoe / Kayak.
Golf.
Gulat.
Hockey.
Jet Ski.
Judo.
Kabadi.
Karate.
Layar.
Menembak.
Panahan.
Panjat Tebing.
Pentathlon Modern.
Renang.
Rowing.
Rugby 7.
Senam.
Sepakbola.
Sepak Takraw.
Sepatu Roda.
Squash.
Taekwondo.
Tenis.
Tenis Meja.
Terbang Layang.
Tinju.
Triathlon.

Dan ada juga 2 cabang olahraga yang di eksibisikan adalah :
E-Sport
Canoe Polo

Desain Medali Asian Games 2018

Medali emas Asian Games 2018 dengan corak batik mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia. Ada begitu banyak corak batik dari seluruh penjuru Indonesia ini berhasil dimasukkan dalam medali yang akan direbutkan oleh seluruh atlit.

Aturan Ganjil Genap Di Jakarta

Jakarta diberlakukan sebuah aturan baru yang cukup kontroversial yaitu diperluasnya jalur-jalur utama dengan aturan ganjil-genal. Ternyata, selain aturan ini diberlakukan karena rangka menyambut Asian Games, namun pemerintah juga ingin ada peningkatan kualitas udara Jakarta yang signifikan. Terbukti, memang aturan ini sukses menurunkan kadar polutan di Jakarta.

LRT Yang Akan Beroperasi

Persiapan pemerintah sangat baik, selain mempersiapkan vanue yang baik, moda transportasi baru di Palembang dan Jakartapun diluncurkan, yaitu Light Rail Transit.

Palembang

Jakarta

Lagu Theme Song

Salah satu lagu Theme Song dari penyanyi favorit penulis, keren banget kamu Isyana.

Lagu keren lainnya untuk Asian Games 2018. Indonesia banget!

Yuk Nonton Asian Games

Pemerintah sudah sangat serius mempersiapkan Asian Games ini sejak lama, begitu baik, dan secara umum sangatlah lancar. Sekarang yuk giliran kita semua ikut berpartisipasi dengan ikut menyaksikan gelaran besar ini, menjadi tuan rumah yang baik di kota dan negara kita sendiri. Tiket bisa dibeli ya, langsung saja meluncur ke link ini

https://www.kiostix.com/id/AsianGames2018