Ini adalah 1 makanan khas tradisional Jepang yang paling gw suka selain sashimi, udon, dll, yaitu natto! Sebelumnya, ada yang sudah tahu ini makanan apa ? Kalau belum, gw senang sekali bisa share tentang makanan khas nan penuh khasiat ini, siapa tau habis baca ini ada yang tertarik coba cari, beli, dan coba makan. Dan siapa tau kan jadi suka :D

Tentang Natto

Natto sendiri adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan Bacillus subtilis, biasanya dimakan untuk sarapan orang-orang Jepang jaman dahulu. Awal ceritanya makanan ini nggak sengaja ditemukan ketika jaman perang dahulu di Jepang ada yang gagal memfermentasikan kedelai, lalu mulai keluar lendir-lendirnya, dikira tidak enak eh justru ketika mereka coba makan, ternyata enak, dan sejak itu makanan ini mulai menjadi kegemaran tentara Jepang jaman feodal dulu karena makanan ini merupakan sumber protein dan sangat kaya dengan probiotika.

Bentuk makanan ini ya seperti digambar ini, warnanya kecokelatan dan lengket-lengket seperti itu, aromanya pun juga sangat tajam. Kalau dari awal sudah nggak suka aromanya, ya pasti sulit untuk suka. Tapi ternyata manfaatnya begitu banyak, ini yang membuat gw suka setelah dulu pertama kali mendengar makanan ini, mencobanya, dan diceritakan tentang begitu banyak khasiatnya. Pertama kali coba pun dulu langsung suka, padahal ternyata saat ini nggak semua orang Jepang suka makanan ini.

Aroma yang muncul dari natto ini ternyata adalah Pyrazine. Pyrazine berfungsi untuk melakukan pembekuan darah. Natto juga mengandung enzim protease yang juga dapat mengurangi pembekuan darah baik oleh fibrinolisis langsung dari pembekuan, dan menghambat plasma protein inhibitor plasminogen aktivator. Enzim ini juga dapat membantu untuk menghindari trombosis, seperti misalnya saat terjadi serangan jantung, emboli paru, atau stroke.

Natto merupakan sumber vitamin K yang sangat tinggi, serta mengandung kalsium yang baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Tidak hanya itu saja, natto juga sangat baik untuk kesehatan kulit, membantu menjaga kelembaban kulit sehingga tampak awet muda dan sehat. Tau sendiri kan bagaimana kualitas kulit orang-orang Jepang :D Oleh karena itu juga makanan ini juga sangat direkomendasikan bagi yang ingin diet karena protein yang ditemukan dalam natto, yakni protein kedelai, mengandung adiponektin yang membantu memecah asam lemak mempromosikan pembakaran lemak yang efisien dalam tubuh. Selain itu protein kedelai jika dibandingkan dengan protein pada daging atau ikan, memiliki jumlah kalori terendah. Dalam diet natto berarti, pelakunya selain mendapatkan protein berkualitas tinggi dari pola makan tersebut dan sekaligus mengurangi asupan kalori. Selain itu terdapat kandungan bernama, Soy Saporin yang dapat mengurangi villus dalam usus kecil Anda mencegah penyerapan kotor lemak dan gula ke dalam tubuh Anda.

Top banget kan khasiatnya.

Cari Natto

Nah ini , gw sendiri sampai sekarang belum ketemu kalau di Jakarta mau cari natto itu dimana. Mungkin memang nggak pernah khusus pergi keluar buat cari sih, tapi seinget gw pas di toserba-toserba barang impor seperti Kem Chick atau Farmer Market itu nggak ada. Alhasil, selalu dibawain kalau ada yang balik dari SG, itupun ketemunya di iSetan. Kalau beli disana satu item itu terdiri dari 3 box. Ada macem-macem bentuknya ada yang kedelainya kecil-kecil, ada yang besar-besar coklat, ada juga yang baru saja gw coba kemarin ini itu kedelai yang hitam. Nah kalau beli di SG, usahakan beli pas sudah mendekat beberapa jam keberangkatan pesawat, karena sebisa mungkin kurangi jarak natto berada di suhu biasa, setelah sampai rumah langsung masukkan kulkas dan santap maksimal 3 hari setelah tiba di kulkas rumah.

Ini gara-gara tulisan di covernya emang nggak ada yang ngerti artinya gimana jadi ya suka pasrah aja kalau sudah dibeliin dan mendarat di kulkas rumah, terus pas ngambil selalu mikir ini isinya apa ya. Biasa terjadi kalau gambar covernya baru yang belum pernah gw lihat sebelumnya.

Cara makannya, cukup dibuka, biasanya ada semacam mayonaisenya dan kecap asinnya. Ini 2 komponen yang wajib sekali harus gw campur karena tanpa kehadiran mereka mungkin gw nggak akan bisa menikmati Natto ini.

Kedelai Hitam

Yang ini isinya natto yang kedelai hitam, pas dibuka ternyata nggak ada mayonaisenya, oke gpp, selama kecapnya masih ada sih masih fine untuk dimakan.

Kedelai Coklat

Ini yang paling umum dari bentuk sebuah natto. Ada kedelai coklatnya, ada kecap, dan ada mayonaisenya. Cukup campur semua, aduk pakai sumpit, dan selamat menikmati.