/ 201701

Gratis 3 Bulan Telkom IndiHome

Cerita berawal dari saat semua orang lagi ada dirumah, datanglah dua orang dengan membawa selembar kertas, dia memberitahukan kalau di daerah rumah gw ini baru saja terpasang jaringan fiber optik Telkom, dan mereka menawarkan 3 bulan paket IndieHome gratis yang didalamnya termasuk paket internet dan TV cable. Setelah berbicara beberapa hal teknis yang cukup detail, "ok mas boleh deh minta dipasang sekarang ya".

Untuk pemasangan indiehome ini, topologinya seperti ini: petugas akan menarik kabel fiber optik dari jaringan kabel diluar rumah sampai ke modem Telkom didalam rumah. Sampai di posisi ini saja, gw sudah bisa berinternet ria dengan wifi karena bawaan modem yg diberikan Telkom sudah bisa Wifi. Kemudian untuk telpon rumah, akan ada kabel telpon dari modem ke telpon rumah. Dan ada 1 kabel lagi dari modem Telkom ke decoder. Dari decoder barulah berlanjut masuk ke TV dengan HDMI atau RGB. Intinya modem Telkom akan menjadi sentral kabel. Kalau masalah, ya pasti impact ke internet dan TV cablenya.

Setelah pemasangan, akhirnya dirumah ada 2 internet provider (First Media dan Indihome), dengan 2 decoder TV Cablenya. Kebetulan sekali, gw uda kesel maksimal sama First Media, bayar mahal tapi internet sering mati, complaint terus jawabannya selalu sama jaringan lagi rusak, atau sudah di restart modemnya tunggu saja sekian menit, dll, tapi nggak pernah beres bahkan disaat krusial lagi butuh internet. Mau ganti tapi belum percaya mau ganti apa. Singkat kata setelah 3 hari dipakai, Indihome jauh lebih stabil, dan kita semua memutuskan untuk selesai dengan First Media internet dan TV Cablenya. Sayang banget sih emang, padahal dirumah kita sudah jadi pelanggan sejak lama sekali, tapi semuanya harus berakhir seperti ini.

Kesan Awal Indihome

Setelah sekian minggu berjalan, ada beberapa poin yang benar-benar jadi keunggulan Indihome ini, pertama, mulai dari internetnya yang jauh lebih stabil dan benar-benar nggak pernah ada masalah. Sudah tanya ke beberapa teman yang pakai juga mereka semua bilang nggak pernah ada masalah, jadi untuk poin ini gw masih optimis Indihome tidak akan mengecewakan.

Kedua, untuk TV Cablenya, gw dapat yang decodernya bisa Youtube, dan bisa browsing langsung dengan klik klik saja dari remotenya. Keren sih ini, TV nya jadi smart tanpa beli Smart TV segala haha.

Ketiga, ini fitur yang paling paling paling gw suka, setiap tayangannya bisa gw rewind sampai 1.5 jam kebelakang. Jadi kalau misal habis mandi terus setel TV dan ketinggalan setengah jam, gw bisa mundurin ke waktu acara itu mulai.

3 Fitur inilah yang paling gw suka, untuk pilihan channel juga standard, yang beda itu ada channel HD untuk stasiun televisi lokal. Tapi akhirnya ya, ada siaran EPL di tv rumah. Dapat Bein Sport 1 - 3 , termasuk Fox Sport. Kebetulan dirumah memang paling seneng nonton channel olahraga, sama National Geographic. Sayangnya belum dapat BBC atau CNN International, tapi itu bisa sih nanti tambah paket lagi untuk News, sama pingin tambah juga untuk movies biar dapat HBO sekeluarga dan Cinamex.

Ternyata Ada Kuota

Nah ini, tadinya gw kira free unlimited, akhirnya ketauan pas lagi dirumah lagi iseng ngobrol sama bokap pingin nonton bareng apa ya, bokap pingin nonton ulang Godfather, terus nontonlah kita. Gw pasang laptop sambung HDMI ke TV, nggak tanggung-tanggung setel siaran yang full HD 1080p. Bertahan sampai menit 30an, tiba-tiba semua berubah, internet pelan banget, dan terpaksa film berlanjut dengan 360p.

Ternyata setelah cek dengan Indihome, untuk free 3 bulan ini ada kuota 20GB per bulan. Speed normal itu 10Mbps, tapi kalau sudah lewat, turun jadi 512 KBps. eaaa ,balik kayak jaman Telkomnet Instan. Tapi masih lebih mending gini sih, daripada First Media yang mati total kan.

Sistem Komplain yang Lebih Baik

Ini gw suka banget, jadi pas komplain, kita akan dapat notifikasi di email, dan sms. Lengkap ada nomor tiket pengaduan, dan itu akan di follow up terus sampai masalah selesai dan ticket di close.

Aplikasi my telkomsel di Android juga keren banget, bisa cek kuota, top up kuota dan lain-lain. Kelihatannya simple ya poin-poin diatas, tapi ternyata menjadi sesuatu yang berarti sekali setelah sekian lama nggak ngerasain kelebihan itu dari provider lama.

Harga


Nah ini pasti yang paling ditunggu, untuk harga, menurut CS Indihome, yang pasti setelah masa gratis 3 bulan ini selesai , gw akan ditawarkan paket indihome dibawah harga normal yang 478.000. Masih jauh lebih murah dibanding sang provider lama. Dan yang paling penting nanti juga akan ditawarin yang unlimited.

Poin Penting

Poin singkat dan penting untuk pembaca yang pingin langganan :

  • Sebisa mungkin minta paket internet yang unlimited
  • Minta decoder yang bisa YouTube dan Browsing
  • Maksimalkan penggunaan panjang kabel fiber dari luar ke modem dalam rumah, sudah hak kita untuk dapat full, jangan mau dipendek-pendekin dengan alasan apapun.

Jadi overall, gw puas sekali dengan pelayanan prima IndiHome. Semoga maju terus.