/ 201706

Dari Ghost 1-0-0-beta Menuju Versi 1.0

*Wohooo..*Asli hepi banget pas baca blog tentang para developer ghost yang sudah meluncurkan v.1.0.0-beta. Artinya akhirnya sebentar lagi platform ini yang berdiri diatas nodejs dan liteSQL ini akan memiliki versi yang lebih resmi. Biasanya, sebuah aplikasi dikatakan sudah resmi diterima publik dan dikatakan dewasa ketika dia sudah meluncurkan versi 1.0 nya. Memang selama ini ghost yg dipakai ini sebenarnya sudah resmi tapi secara kedewasaan sebuah aplikasi masih belum, dan inilah saatnya ghost menunjukkan kematangannya dengan siap meluncurkan v1.0. nya, dan sebuah sejarah baru akan tercipta.

Mengapa berita ini menarik, karena bagi gw pribadi disinilah tempat pertama kalinya gw bermain sekaligus belajar mulai dari bagaimana set up server EC2 di AWS, bagaimana memasangkan platform ghost di dalam Linux, bagaimana menyambungkan domain ariadiprana.com ini sehingga bisa diakses siapapun dimanapun, bagaimana secara struktur besar platform ini terbentuk juga menarik. Berhubung gw sedang mendalami nodejs, setiap komponen di dalamnya terasa tidak asing, gw suka struktur pemrograman ghost ini, gw suka penggunaan handlebar untuk front end depannya, gw suka pembedaan server yang diatur ada yang untuk development-production dengan switchingnya yang mudah sekali dilakukan. Oleh karena itu, sangat menarik sekali melihat apa fitur-fitur yang ada di versi 1.0 beta ini karena makin di oprek dalemnya pasti makin belajar.

Kebetulan gw sudah mendownload ghost platform yang versi 1.0 , sudah menggunakan cli ghost dari npm sehingga cukup npm install ghost -g dan ghost install , semuanya beres. Lalu ghost start dan semuanya langsung jalan di lokal.

Nah tampilan dashboard yang barunya akan seperti ini,

Dashboard Stories


Stories dengan layout seperti ini memudahkan kita untuk filtering, bisa di cari based on tags, authors, dan post [all post, draft, published, scheduled, pages]. Sorting juga sudah ditambahkan, bisa di filter dari newest ke oldest. Fitur sederhana seperti ini memang diperlukan dan sejauh ini sudah cukup bagus, tampilannya juga lebih clean.

Ketika new post juga sekarang sudah ada toolbar editor dibawah, dan dengan tetap mempertahankan markdown stylenya sekarang tiap kali ketik di layar apapun hasil markdown langsung tergenerate. Buat gw ini sudah cukup keren dan pastinya buat yang sudah biasa menggunakan markdown, styling disini akan lebih termudahkan lagi. Tapi baik nya Ghost, kalau masih senang menggunakan 2 windows untuk editor dan previewpun juga masih disediakan 1 button untuk memunculkan 2 layar seperti versi lamanya.

General Tab

Nggak ada yang berubah banyak disini, tapi sekarang sudah ada menu expandable untuk Title&Description, Site Timezone, Publication Icon, Publication Logo. Kekurangannya adalah sekarang untuk upload foto setelah klik upload maka user wajib memilih fotonya di direktori lokal, tidak ada lagi opsi memasukkan foto menggunakan url link. Sayang sekali, padahal dengan memasukkan link maka tentu tidak perlu setiap foto itu harus diupload ke server.

Design Tab

Tidak ada yang baru disini, hanya ada pemindahan fitur Themes ke dalam 1 tab design ini.

Labs Tab

Yang menarik disini adalah Night Shift! Gw suka sekali dengan pemilihan theme hitam untuk dashboard sehingga buat mata jadi tidak capek kalau berlama-lama saat menulis atau mengedit tulisan. Sisanya, standar.

Konklusi

Apakah versi 1.0 ini memiliki banyak fitur yang bombastis bagi gw pribadi nggak. Cukup standar namun memang perlu ada untuk pengembangan sebuah produk. Keseluruhan themes dan nuansa barunya gw suka, dan saat rilis nanti sepertinya gw akan tetap migrate ke versi 1.0 dengan sebelumnya mengedit themes lama agar sinkron dengan struktur themes yang dipakai. Masih yang mengganjal itu saat add photos, pingin rasanya ghost mengembalikan fitur add photo by url link sehingga gw bisa tetap menjalankan kebiasaan saat ini, upload di google photos, shared album, dan menggunakan link foto disana untuk dimasukkan dalam postingan gw di blog ini. Jadi hemat space kan jadinya. Sebagai konklusi, gw senang dengan versi 1.0 beta ini, semoga nanti saat launching catatan kebutuhan URL link untuk upload photo ini bisa dikembalikan lagi, untuk fitur sisanya gw sudah suka dan tentu nggak sabar buat bisa memasangkan versi real 1.0 kelak saat nanti sudah release.