Sudah lamaaaa banget gw pingin ganti kamera. Kamera yang sebelumnya gw pakai adalah Canon EOS M2. Kamera ini sudah gw pakai sekitar 5 tahun telah menemani gw di begitu banyak kegiatan. Setelah sekian lama gw pakai, gw mulai melihat ada limitasi yang nggak bisa gw explore lagi. Ternyata Tuhan memberi hadiah yang indah, investasi pribadi di Bitcoin berbuah banyak, dan akhirnya Maret kemarin gw membulatkan tekad untuk mengambil profitnya, digunakan salah satunya untuk ganti ke kamera ini, Fujifilm XT-20.

Alasan Pilih

Biar mikirnya nggak kemana-mana, gw sudah membuat batasan gw akan pilih mirrorless kembali, pilihannya juga sudah diketok antara Canon atau Fujifilm. Memang ada brand-brand lain, tapi entah kenapa feel nya lebih tertarik ke 2 brand itu.

Saat itu pilihan jatuh antara EOS M5 dari Canon atau Fujifilm XT-20 . Kemudian gw mulai riset kecil mengenai perbandingan 2 kamera ini dari mulai baca banyak sekali artikel, lalu kira-kira 3 hari sendiri gw habiskan tiap malam nontonin satu-satu Youtube tentang 2 kamera ini dari fitur-fiturnya, hands-on, hasil fotonya, dan lain-lain. Kesimpulannya ada beberapa poin yang menjadi alasan kuat gw memilih XT-20 yaitu

Jumlah Focus Point

Ada 325 Focus Point yang dibenamkan di Fujifilm XT-20, ini salah satu keunggulan utama yang mengungguli M5 yang memiliki 49 Focus Point. Dengan jumlah sebanyak itu, salah satu keuntungannya adalah proses auto focus akan jauh lebih presisi tepat di titik yang diinginkan. Selain itu juga, proses tracking objek bergerak juga menjadi lebih cepat dan presisi.

Continuous Shooting

XT-20 bisa mengcapture gambar 14.0fps , lebih cepat 5.0fps dari EOS M5. Buat yang suka foto objek bergerak pasti perbedaan 5fps ini bakal terasa banget di hasil fotonya.

Battery Life

Untuk 1 kotak baterai XT-20 bisa mengcapture 350 shots , jika menggunakan EOS M5 bisa mengcapture 295 shots.

Berat

XT-20 memiliki bobot 393g , dan EOS M5 427g. Ini baru body ya, kalau ditambah lensa tentu akan lebih berat lagi.

Sensor Pixel Area

XT-20 memiliki 10% area sensor yang lebih besar, yaitu di angka 15.34µm2.

Harga

Lebih murah XT-20 !

Video Resolution

XT-20 support 4K !

Unboxing

Setelah berburu promo, gw dapat promo dari Blibli bundling X-T20 , Lensa XF18-55m, Instax Share XP2, dan 1 extra baterai NP-W126S , Rp 17,009,000 27 Februari 2018.

Hasil Foto

Belum sempat hunting beneran, tapi sudah dipakai di beberapa acara , gw puas banget sama hasilnya, autofocusnya cepet banget, dan tombol-tombol manual di atas juga mempercepat setting dalam pengambilan foto.

Pernikahan

Reuni

Ulang Tahun