Dari seluruh game yang gw pribadi mainkan, cuma game sepakbola yang konsisten selalu gw mainkan dari tahun ke tahun. Mulai dari jaman Winning Eleven di PS1, lalu PS2, lalu keluarlah PES 6 di tahun 2006 lalu PES 2007 - 2013 sampai akhirnya hijrah ke FIFA dan terus ikutin sampai terakhir FIFA 17, sudah berapa tahun tuh total, lama banget!.

Dan akhirnya, tanggal rilis seri FIFA terbaru yaitu FIFA 18 pun keluar, yaitu tanggal 29 September 2017.

Sebagai bentuk apresiasi pada para programmernya yang pasti sudah bekerja keras dengan tangan-tangannya di atas keyboard dan mouse, sejak FIFA 15 gw selalu beli yang original. Tentu banyak sekali keuntungan dengan membeli yang original karena bisa bermain online dengan teman atau siapa saja yang sudah terhubung dengan internet. Selain itu juga kalau ada update pasti langsung otomatis terupdate, nggak ada lagi yang namanya harus update pemain dengan download bajakan patch nya lalu install manual satu persatu.

The Journey

Nah yang benar-benar seru dari FIFA 17 lalu adalah mode The Journey nya, dimana di mode permainan itu kita bisa mengendalikan 1 orang pemain mulai dari masuk ke divisi terendah di dunia persepakbolaan, lalu mulai direkrut di tim kecil, awalnya masih cupu tuh skill nya, lalu seiring berjalannya waktu, training yang cukup, makin disiplin dalam bermain mengikuti arahan sang pelatih, lama-lama kelamaan pemain ini semakin bagus.

Lalu mulailah pelan-pelan naik divisi, lalu kelak setelah beberapa tahun mulai ada tim-tim besar memanggil, tapi disanapun juga masih belum bisa langsung masuk ke tim utamanya. Ada scene juga dimana pemain gw pertama kali papasan dengan Reus, terus dikasih semangat sama dia. Wah emosinya kerasa banget membesarkan orang mulai dari kecil sampai bisa sejajar dengan pemain-pemain top. Waktu itu akhirnya gw berakhir di tim Manchester United, sudah menjadi striker utama, berakhir dengan memenangkan piala EPL dan menjadi man of the match di pertandingan akhir. Dan mode ini berakhir dengan terpilihnya menjadi pemain utama di tim nasional Inggris. Gila, bangga banget waktu itu, padahal cuma game ya! haha. Habis itu kirain bakal berlanjut tapi ternyata sampai disana gamenya dan tamat.

Nah nanti di FIFA 18 tentu publik menantikan apa nanti akan ada kelanjutannya lagi, atau mungkin semua cerita berawal lagi dari awal tapi nanti storynya diperpanjang, masih misteri sih. Dan layak sekali untuk ditunggu. Gw mengharapkan storynya bisa dimulai dari awal lagi, tapi setelah masuk tim nasional cerita masih berlanjut sampai akhirnya bisa ada kesempatan memenangkan world cup. Atau lebih kerennya lagi kalau bisa terus berjalan sekian tahun sehingga nanti bisa disejajarkan dengan Pele, atau Maradona sebagai pemain legendaris sepanjang masa. Keren sih kalau bisa sampai kesana.

Ditunggu saja sampai launching September nanti :)