/ 201701

Cerita Pertama di 2017

Selamat Datang,

Akhirnya tiba juga hari ini, 10 Januari 2017 , secara resmi tulisan ini ditulis dan dipost di nama domain gw sendiri #tepuktangan #standingovation.

Awalnya domain ariadiprana.com ini sudah dibeli sejak 18 Nobember 2016, waktu itu rencananya gw mau buat website sendiri , ngoding sendiri, dan publish di Amazon Web Service sebelum 2016 berakhir. Tapi, ternyata setelah menimbang-nimbang lagi, akhirnya gw memutuskan untuk pakai blog platform yang sudah ada saja karena lebih cepat go live .

Buat yang mendarat kesini karena melihat post gw di Tumblr , secara personal gw mau bilang Thank you so much guys! . Gw tau mulai pertengahan tahun 2016 gw sudah lebih jarang nulis, beberapa orang bilang langsung ke gw kenapa kok nggak nulis lagi, terus yang gw agak heran juga walaupun performa seperti itu ternyata masih ada saja viewer tiap harinya, terima kasih supportnya. Alasan kenapa jarang nulis sebenarnya karena ada hal-hal teknis di Tumblr yang buat gw jadi agak malas nulis, tapi untungnya di platform ini hal-hal itu uda nggak gw temuin lagi. Harusnya tahun ini bakal lebih banyak lagi cerita yang bisa gw tulis disini, ada motivasi kuat karena sekarang sudah ada website sendiri, isinya pun tahun ini akan gw buat lebih beragam.

Pemilihan Platform

Yap, buat yang familiar dengan design website ini pasti sudah tahu website ini berdiri diatas Ghost. Pertama kali gw tahu platform ini dari seorang teman satu project, Ivan Gerard , bisa mampir ke website dia di http://ivangerard.com. Nah sebelum gw pilih ini, gw sudah membandingkan juga dengan Weebly dan Wordpress .

Waktu gw coba Weebly, gw suka dengan dashboard nya yang mau post gambar, edit tulisan, tambah segment ini-itu tinggal drag and drop , namun sayangnya kalau mau publish ke domain sendiri itu harus berbayar lagi.

Akhirnya gw coba ke opsi selanjutnya yaitu Wordpress, gw ikutin tutorial ini yang sangat-sangat gampang banget buat diikutin dari awal sampai go live itu kayanya kurang dari 15 menit. Pas sudah benar-benar live lalu gw lihat dashboard nya juga nggak kalah keren, banyak opsi untuk kustomisasi dimana-mana. Namun akhirnya banyak pilihan itu belum tentu selamanya lebih baik.

Pas coba Ghost , gw suka dengan bagaimana simpel dashboardnya, tampilannya bersih, dan yang paling penting itu sudah Markdown Support. Dibelakangnya juga ada Node JS yang arsitektur source code nya sudah familiar buat gw bisa oprek-oprek dan rubah-rubah sedikit. Akhirnya lewat tutorial ini live juga ariadiprana.com.

Target di tahun 2017

Di tahun 2017 ini gw pribadi punya target besar yang mudah-mudahan bisa tercapai. Pertama yaitu semoga dapat scholarship untuk sekolah lagi ambil Master . Sudah fix mau ambil Big Data. Persiapannya sendiri sudah berjalan dari awal tahun ini belajar IELTS sendiri di waktu-waktu kosong. Beberapa hari lalu juga sudah placement test untuk ambil kursus IELTS preparation intensif 2 minggu di IALF . Kerjaan terpaksa dipending dulu 2 minggu karena kelas kosong baru ada di bulan Februari.

Target besar kedua, jelas moga-moga tahun ini lebih banyak lagi puncak gunung yang bisa gw capai, lebih banyak lagi pantai-pantai dengan pemandangan bawah lautnya yang bagus-bagus yang bisa gw explore . Bisa kembali ke alam itu selalu menyenangkan, mumpung masih bisa jalan-jalan nggak ada yang ngelarang kan. Karena menikmati indahnya Indonesia itu nggak cuma di Jakarta saja.

Target ketiga, seperti orang pada umumnya saja, semoga kerjaan lancar, keuangan lebih baik lagi, bisa lebih jaga kesehatan, dan lebih banyak berbagi buat orang lain. Oiya semoga tahun 2017 bisa lebih banyak lagi dapat cuan dari bursa saham, politik please jangan aneh-aneh.

Akhir Kata

Semoga tahun 2017 kalian semua lebih baik dibanding tahun 2016.