Sudah tahun baru 2017, waktunya mencoba hal-hal baru yang mungkin kalian belum pernah coba. Dari sekian banyak rencana tahun ini mau ngapain aja, gw rasa nggak salah juga untuk memasukkan opsi "punya website sendiri" , seru kok, dan lagi gw praktekkan mulai di awal tahun ini. Kurangin semua social media yang rata-rata berbau konsumtif, buat website sendiri, isi dengan content yang lebih lu banget dan gw percaya model seperti ini pasti lebih merangsang kreatifitas, kemampuan menulis, dan apapun yang ada di kepala lu bisa tertuang.

Target

Di akhir keseluruhan web series ini, kita akan membuat website sendiri persis seperti ini. Sebuah blogging website, dengan menggunakan ghost sebagai platform. Gw akan ajarkan dari mulai buat account, set up server , install ghost, pakai public ip sampai kalian bisa buka sendiri webnya dengan URL seperti ini http://52.76.159.131. Lalu nanti beli domain sendiri misal ariadiprana.com, lalu sambungin domain itu ke public ip tadi. Semua proses buat website itu bisa didapat dengan gratis!*

Bintang diatas itu sesuai syarat dan ketentuan seperti ini, untuk 25 domain pertama itu bayar USD 0.5 perbulan, gw sendiri uda kepakai 5, masih ada 20 lagi. Nah untuk beli domain itu USD12 per tahun, jadi ya maksimal setahun paling dibuletin 13USD. Kalau sudah punya domain sendiri malah jadi gratis beneran. Mungkin di tempat lain banyak yang lebih murah, tapi kalau urusan performa, gw nggak pernah ragu dengan AWS. Bahkan gw ada teman sebut saja namanya Ivan , karena hobi klik-kliknya sangat tinggi dan banyak service yang di coba-cobain, kena billing sekian juta, banyak deh, terus dia email ke AWS, eh dibalikin duitnya. Baik banget AWS. Pingin buat website gratis, AWS solusinya.

Jadi selalu nggak ada yang namanya kata terlambat, semuanya bisa dimulai sejak kalian baca tulisan ini, detik ini juga, dan percayalah, kalian pasti bisa, nggak perlu takut duluan dengan segala terminologi IT yang ribet, disini gw akan coba tulis dengan bahasa yang super duper manusiawi lengkap dengan gambar demi gambar yang kalau diikuti niscaya anda akan menemukan penerangan. Mulai dari tulisan ini sampai beberapa tulisan kedepan gw akan buat series tentang dunia web. Kalau ada pertanyaan bisa tulis di kotak comment di bagian bawah post ini

Amazon Web Service


Untuk membuat website sendiri, kita perlu sebuah server yang secara singkat nanti isi semua website kita akan ditaruh disana. Sekarang-sekarang ini AWS yang lagi booming, dan yang paling secara pribadi gw rekomendasi, karena banyak banget startup besar nasional yang kita nikmati ini juga disupport oleh AWS, mau cari jutaan traffic tanpa downsystem, aman!.

Di AWS ini ada banyak service yang bisa kita pakai , misalnya mulai dari EC2 yang nanti akan sering gw pakai itu buat naruh semua file-file web, terus ada S3 buat naruh gambar-gambar, semacam google drive nya AWS, terus ada Route 53 untuk daftarin domain kita, misalnya ariadiprana.com ini. Dan masih banyak lainnya, kalau disebut semua bisa panjang banget ini scrollnya, lengkapnya seperti ini.

Buat Account

Bagaimana kita bisa menikmati semua service itu, dimulai dengan mendaftarkan diri di link ini


Nah tombol di kanan atas suka berubah-rubah kadang sign in to console, kadang sign up, intinya di tekan saja.


Masukkan email , pilih I am a new user, dan tekan Sign in di bawah kotak password



Lalu masukkan semua data yang diminta, termasuk nanti juga diminta juga data Credit Card yang sifatnya wajib, di akhir proses nanti setelah semua ini selesai, akan ke charge USD 1 saja , sebagai bagian dari verifikasi pembayaran oleh AWS.


Nah bagian ini yang paling seru, verifikasi identitas kita bisa lewat telpon, masukkan no telpon pilih kode Indonesia, dan tulis nomor tanpa pakai 0 di belakang. Misal pilih Indo kan uda +62, jadi di kotak no telpon tinggal isi 819323..... Lalu nanti hp kita akan ditelpon oleh mesin, tunggu saja dia selesai bicara dan masukkan 4 kode yang tertulis di layar, setelah itu sistem akan otomatis memverifikasinya dan bisa klik continue.


Pilih yang basic.


Selesai! Nanti untuk akses semua service tinggal klik tombol Launch Management Console.


Ditulisan mendatang , kita akan sering lihat tampilan console AWS seperti diatas ini, jadi sambil nunggu gw post tulisan berikutnya tentang install ghost di Instance EC2, bersahabat dulu saja, coba lihat service-service itu bisa ngapain aja.

Next Tutorial