/ 201710

Menghargai Kekayaan Alam Indonesia Dalam Film Negeri Dongeng

Indonesia dikaruniai alam yang begitu indah dengan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia disertai bentangan pegunungan dari Sabang hingga Merauke. Terletak di daerah beriklim tropis, dilewati garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki kenakeragaman hayati yang tinggi dengan fauna endemik dan flora yang begitu unik. Indonesia juga memiliki gunung api terbanyak di dunia, ada lebih dari 120 gunung api aktif. Alam begitu indah seperti ini masa cuma dilihat saja, yuk jalan. Temukan indahnya negeri ini melalui salah satu aktifitasnya yaitu mencapai 7 puncak tertinggi di Indonesia (The Seven Summits of Indonesia). Untuk menuju capaian itu ada baiknya kita tonton film ini tentang bagaimana ekspedisi nyata ini direkam dan difilmkan agar tumbuh dan tertanamlah rasa cinta akan tanah air kita, Indonesia.

Review

Film ini menceritakan mengenai ekspedisi para pendaki Aksa 7 mencapai 7 gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Kerinci [3805mdpl] , Semeru [3676mdpl] , Bukit Raya [2278mdpl] , Latimojong [3430mdpl] , Binaya [3027mdpl] , Rinjani [3726mdpl] , dan Carstenz [4884mdpl] . Keseluruhan proses ini secara begantian mengisi isi cerita dari film ini dengan begitu baik. Penonton dapat benar-benar melihat jelas bagaimana proses persiapan yang harus disiapkan mulai dari perbekalan, persiapan fisik yang kuat, kekompakan tim, hingga rasa solidaritas untuk bersama-sama mencapai puncak. Kemudian ketika perjalanan dimulai pun juga diceritakan cukup lengkap, ada mode-mode transportasi yang mereka gunakan seperti kapal, bus, mobil bak terbuka, truk, dengan segala problematikanya. Sepanjang penanjakan penonton benar-benar seperti tenggelam dalam cerita dan kebersamaan mereka, terlihat jelas bagaimana lebatnya hutan yang harus di tempuh, curamnya bukit yang harus di panjat, serangan pacet begitu banyak, atau sampai bagaimana perjuangan mereka semua menandu salah satu kawan yang kakinya terkilir.

Film ini tidak hanya berhenti memaparkan indahnya alam di Indonesia, kita juga di pertontonkan bagaimana budaya lokal pada masyarakat setempat hadir menyambut dan menemani perjalanan mereka. Rasanya belum ada film yang 'sangat Indonesia' yang diangkat dan dipadukan dengan penanjakan gunung seperti ini, sehingga waktu kurang lebih 2 jam rasanya terlalu cepat berlalu. Bahkan di beberapa gunung agak disayangkan hanya disorot bagian kecil proses perjalanan awal dan saat mencapai puncaknya, dapat dimaklumi mengingat durasi yang terbatas. Namun tetap, sebagai satu kesatuan, secara pribadi rasanya film ini wajib ditonton, apalagi buat teman-teman yang senang mendaki, atau berniat ingin menaklukan gunung-gunung tersebut.

Bahwa keluar dari zona nyaman untuk menjelajah negeri adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Dan kitalah yang menentukan mimpi dan mewujudkan mimpi nya. Hidup adalah perjalanan lakukan perjalanan untuk kehidupan.

Negeri Dongeng juga ingin menyampaikan kalau, kalian anak muda, yuk buka mata, bergerak, rasakanlah menjadi Indonesia. Indonesia itu indah tapi sekaligus harus dijaga karena kita anak muda punya tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaganya. Melalui kegiatan seperti ini, semua keberhasilan itu tidak ada yang instan, semua butuh proses. Bukan sekedar mencapai puncak, tapi ada perjuangan dan cerita untuk mencapainya. Proses ini pun yang gw pribadi cukup rasakan, rasanya tiap kali kembali ke alam, semakin disadari bahwa kita ini hanya bagian kecil dari semesta, dan perjalanan seperti inilah yang akan semakin membuat kita mengenal diri sendiri seperti apa, seperti menemukan pendewasaan diri dari tiap perjalanan yang dilalui. Dan di film inilah, kalian dapat menemukan nilai-nilai moral yang begitu besar, mumpung masih ada di bioskop yuk beli tiketnya, dan nonton di bioskop kesayangan kalian.