/ 201709

Review Film Bad Genius : Sekali Tangan Anda Kotor, Tidak Ada Jalan Kembali

Salah satu kriteria film yang bagus untuk saya pribadi adalah apabila dalam 2 menit pertama film tersebut bisa menyita perhatian, lalu menit-menit selanjutnya diisi dengan rasa penasaran ini film mau membawa pikiran penonton kemana ya? Berusaha menebak jalan cerita kira-kira akan begini atau begitu, ternyata salah. Sampai detik terakhir film ini berakhir dengan twisting ending yang sangat cakep. Dibuat dengan alur cerita cepat, sukses mengaduk emosi penonton dengan detail tiap aksi dan sinematografinya. Diangkat dari kisah nyata tentang bagaimana kejeniusan tidak hanya mendulang nilai yang baik, namun popularitas dan finansial pun bisa didatangkan dengan cepat, dengan cara apapun. Recommended kah ? YA!

Sinopsis Singkat

Film bergenre thriller ini dimulai dengan bagaimana Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying) memperoleh beasiswa penuh di sekolah elit Bangkok. Dia memang jenius dibanding anak SMA lain pada umumnya, mampu mengolah dan menghitung formula matematika hanya dengan kepalanya saja. Awalnya dia tidak memiliki teman baik selain teman pertamanya, Grace, yang ia temui saat sesi foto siswi di awal periode sekolah, kemudian ketika kepintaran ini digunakan sebagai jalan meraih nilai yang baik tidak hanya bagi diri Lynn sendiri namun juga untuk teman-temannya dengan cara kotor demi mendapatkan uang, disitulah titik awal kecurangan ini terjadi yang pada akhirnya merebak sampai skala besar; berbuat curang pada pelaksanaan test berskala internasional.

Drama film ini sangat kental, ada persahabatan yang dibungkus dan dibina hanya karena memanfaatkan kejeniusan Lynn semata, ada rivalitas duo jenius antara Lynn dan penerima beasiswa lainnya, Bank (Chanon Santinatornkul), yang sangat lurus dan bersih. Ada cerita tentang pilihan untuk mengejar cita-cita atau terpaksa terkubur karena telah tercurangi oleh pahitnya realita hidup. Juga ada cinta ayah kepada anaknya, begitu tulus; tanpa ia sadari telah membesarkan anak yang menjadi otak utama dalam aksi kecurangan bersama Pat (Teeradon Supapunpinyo) dan Grace sebagai eksekutor. Tenang, tidak ada cinta-cintaan segala di film ini, full thriller dari awal sampai akhir dan saya yakin kalian pasti terpaku selama menonton film ini. Oh, kalau belum nonton, jangan nonton Trailer nya , nanti jadi nggak seru.

Lebih Detail

Film ini telah memenangkan penghargaan pada Fantasia Film Festival di New York untuk kategori Best Asian Feature dan Most Innovative Feature Film berkait peran Nattawut Poonpiriya sebagai director. Juga menyabet gelar Best Director pada Cheval Noir dan Best Film pada Sequences Award. Tidak heran ini film ini telah menjadi film terlaris Thailand di tahun 2017 ini dengan pendapatan mencapai 100 juat baht atau setara dengan 3 juta dollar atau setara dengan 39 M Rupiah. Terima kasih untuk CGV Blitz yang selalu konsisten memutarkan film-film seperti ini di layar-layarnya. Mumpung masih ada filmnya di sana, yuk nonton.