/ 201709

Nikmatnya Busway Trans Jakarta Koridor 13 Ciledug - Pancoran Barat - UKI

13 Agustus 2017 lalu, koridor 13 Busway TransJakarta ini resmi beroperasi dan akan melayani kebutuhan transportasi massal berbasis bus untuk rute Ciledug - Tendean, Ciledug - Blok M, Ciledug - HI, bahkan sampai Ciledug - Mampang Prapatan. Kebetulan sejak koridor ini beroperasi, saya belum pernah menggunakannya. Dan kebetulan juga jumat lalu 8 September 2017 memang saya lagi nggak mau bawa kendaraan dulu karena ada plan ke Purwokerto, jadi inilah saat yang tepat untuk mencoba berangkat ngantor dengan busway ini, daaan hasilnya, diluar ekspektasi!

Rute Ciledug - Pancoran Barat - Cawang UKI

Inilah rute yang saya naiki, dimulai dari Halte Puri Beta 2 hingga Pancoran Barat. Rute ini menjadi sangat terkenal berhubung dalam pembuatannya memang banyak sekali yang harus dikorbankan, mulai dari pembangunannya yang menuai protes sana-sini karena membuat jalan raya Ciledug menjadi super super macet. Bahkan saya pribadi jadi benar-benar enggan untuk lewat sana lagi karena pasti buat mood nggak bagus. Selain itu juga rute ini akan melewati jalur layang yang khusus dibuat membentang sepanjang jalan raya ciledug dan hanya akan bisa dilalui oleh busway TransJakarta. Inilah satu-satunya koridor busway yang menggunakan jalan layangnya sendiri.

Rute Koridor 13 Busway TransJakarta

Khusus rute Ciledug - Pancoran Barat ini hanya akan beroperasi di hari kerja hingga pukul 9 siang, sedangkan malam harinya hanya beroperasi hingga pukul 7 malam. Alasan tidak lebih malam lagi adalah karena pasokan listrik yang masih belum bisa menghidupkan banyak halte yang membutuhkan listrik besar pada operasional lift nya. Tentu apabila nanti listrik sudah datang dan menghidupkan seluruh halte di sepanjang rute ini, pasti rute ini menjadi sangat menarik.

Untuk viewnya, saya pribadi sangat suka, bawaannya pingin bawa kamera lalu jepret-jepret. Karena selama rute ini mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan rumah-rumah warga sebagai tampak depannya dan di belakangnya membentang gedung-gedung tinggi di daerah Jakarta. Dan jika naik dari Puri Beta jam 6 pagi pun juga hingga tujuan akhir tidak ada desak-desakan yang berarti. Kondisi bus sangat bagus, dan nyaman sekali. Benar-benar kontras dibandingkan keseharian saya yang membawa mobil dan harus menempuh 2.5 jam dalam kemacetan. Karena waktu itu adalah kali pertama, maka saya catat benar waktu yang ditempuh pada rute busway Ciledug - Pancoran Barat ini.

  • 06.05 halte puri beta 2
  • 06.06 puri beta 1
  • 06.18 adam malik, naik flyover
  • 06.25 cipulir
  • 06.30 mayestik
  • 06.33 tirtayasa
  • 06.37 turun flyover
  • 06.40 sampai

Sampai di Pancoran Barat

35 Menit saja sampai ke Pancoran. Seumur-umur tidak pernah ada rekor secepat ini bisa sampai disana dari daerah Ciledug. Luar biasa kaan. Jadi sebagai penutup, saya pribadi sangat mengapresiasi hasil koridor ini, benar-benar bisa menjadi solusi kemacetan luar biasa di daerah ini. Semoga kualitas seperti ini tetap dipertahankan, dan ditingkatkan lagi.