/ 201707

Mencoba Aquascape

Jadi alkisahnya, 1 bulan yang lalu pas balik kerumah, ternyata Ika, mbak yang dirumah, iseng beli cupang. Cupang biasa yang ditaruh di vas kaca dan ditaruh di dapur. Karena sering lewat situ mau nggak mau jadi ikut merhatiin, kalau kotor dibersihin, kadang suka kasih makan dikit-dikit. Tapi tetep mayoritas yang merawat sih si Ika sih, dan ternyata dia memang beneran merawat dengan benar. Melihat semangat dia gw jadi semangat juga ngerawatnya, 1 bulan berjalan dan ikannya masih tetap segar bugar. Pertanda bagus nih, soalnya dirumah kayaknya nggak ada riwayat piaraan yang bisa seumur sepanjang itu haha. Lalu kebetulan weekend kemarin keluarga lagi lengkap dirumah terus kita ngomongin tentang masa depan hal perikanan ini, singkatnya akhirnya gw anterin Ika ke toko akuarium dekat rumah buat beli akuarium yang bener, karena masih awal ya udah gw beli yg 30cm saja, lalu diisi ikan Guppy Mosaic sama Tetra Neon.

Guppy Mosaic

Tetra Neon

Terus dari sana gw mulai sering googling semua hal berkaitan tentang cara perawatan ikan-ikan ini. Misal beberapa info yang cukup menempel di kepala gw itu tentang ikan bisa stres kalau langsung diganti di air baru, jadi caranya air yang mau diganti harus di biarkan semalaman dulu biar bahan-bahan yang buruk bagi ikan yang terlihat dan tak terlihat sama mata kita itu mengendap, lalu baru cukup ganti 50% air di akuarium lama dan diganti dengan mengambil air hasil dibiarkan semalaman itu. Niscaya dengan begini sang ikanpun bisa dengan tenang menikmati air baru beroksigen tinggi tanpa merasa terasing dengan lingkungannya. Lalu ada lagi tentang teknik membersihkan kotoran yang menempel di dasar itu cukup dengan selang kecil, yang ujungnya masuk ke akuarium dan ujung satunya ada di bawah akuarium di dalam ember, cukup pakai ilmu kapileritas maka selang itu akan berubah jadi penyedot air, tinggal di totol totol ke dasar dan kotoran pun akan terangkat.

Setelah beberapa hari mencoba cara-cara perawatan lalu gw mulai beli lampu dan Aerator (Alat penghasil gelembung udara) untuk akuarium ini. Semakin bertambah hari gw selalu sambil-sambil cari info terus tentang dunia akuarium ini, sampai tibalah mengenai topik aquascape!

Awal Mula Coba Aquascape

Aquascape sendiri adalah teknik mendesain akuarium dengan menciptakan ekosistem alami di dalam akuarium, dengan bercocok tanaman juga didalamnya sambil dimasukkan fauna air di dalamnya. Unsur-unsur yang ada di dalamnya ada pasir, batu , kayu, tanaman, ikan dan lain-lain. Untuk pengganti matahari bisa menggunakan lampu. Pokoknya sedemikian rupa dibentuk sehingga ikan merasa disitulah habitat aslinya berada.

Jenis-jenis design dari Aquascape ini juga beragam-ragam, tapi yang paling gw suka dan pingin banget buat itu adalah tema Iwagumi aquascape style.

Iwagumi Aquascape

Iwagumi ini berasal dari Jepang, gaya ini mengacu pada tata letak komponen-komponen didalamnya dimana bebatuan lah komponen utamanya. Beberapa hasil jadinya seperti ini :

Berhubung gw sudah menetapkan hasil akhirnya mengikuti style ini jadi gw mulai cari informasi bagaimana membentuk Iwagumi style ini. Terkumpul beberapa komponen yang perlu gw beli adalah :

Yang perlu digaris bawahi untuk landasan dibawahnya gw pakai Bakteri Starter, Rumah bakteri, Pupuk dasar, dan Soil Ultimate. Nah barang-barangnya seperti ini

Urutan

Urutan dalam memasukkannya adalah dimulai dari menabur bakteri starter, lalu rumah bakteri,

Lalu pupuk dasar, dan soil ultimate.

Setelah dimasukkan semua barulah terakhir taruh batu yang ingin dipakai, dan taburkan Mini Dwarf Seed nya, kasir air juga sampai lembab, lalu tutup dengan plastik, dan tunggu deh 1 minggu lagi. Usahakan tempat selalu lembab , kalau mulai kering bisa disemprot pakai penyemprot air.

Hasilnya apa nanti ditunggu saja ya, pasti seru nih :D