/ 201707

Hackaton Adalah

Hackaton itu apaan sih ? Acaranya ngapain aja ? IT IT gitu-gitu ya ? Lah kok nginep ? Rolenya ada apa aja kalau di Hackaton ?

Nah, kira-kira pertanyaan inilah yang suka ditanyakan ke gw pribadi buat orang-orang yang sebelumnya belum pernah dengar dengan istilah hackaton. Istilah ini sepertinya mulai sering terdengar sejak 2 tahun terakhir, dan makin kesini makin banyak penyelenggara yang membuat acara seperti ini. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu gw akan mencoba menjelaskan di post ini.

Pengertian Hackaton

Secara umum ya, hackaton adalah sebuah event biasa berlangsung 2-3 hari nonstop yang mempertemukan 3 role utama dalam 1 tim untuk saling berkolaborasi , dan di akhir hari di hari yang terakhir tiap tim akan mempresentasikan atau istilah kerennya pitching ke dewan juri untuk dipilih entah untuk lolos ke fase berikut, atau untuk dinobatkan menjadi pemenang di acara itu. Tujuan akhirnya biasanya berbentuk ide solusi apa yang bisa ditawarkan dan di kemas biasa menjadi 1 buah apps baik web atau mobile apps. Nggak harus jadi appsnya tapi bisa saja sampai ke prototypenya saja. 3 Rolenya itu ada Hacker, Hipster, dan Hustler.

Hacker ini adalah orang yang berkecimpung di pembuatan aplikasi, biasa disebut sang programmernya yang akan membuat prototypenya. Hipster itu yang biasanya yang mendesain tampilan biar cakep, istilah kerennya orang yang suka design dan membuat UI (User Interface) kekinian biar mendapatkan UX (User eXperience) yang baik. Lalu terakhir itu Hustler, biasanya ini yang punya passion besar untuk memperkenalkan produk ke orang lain, biasa orang yang suka ngomong, seneng networking pitching kesana sini. Nah 1 tim bisa berisikan beberapa orang tapi tim yang baik itu yang komposisinya memiliki 3 role tersebut.

Hackaton Imago Hack 7

Nah ini event terakhir yang gw ikut serta, tapi bukan sebagai peserta melainkan menjadi panitianya :D
IMAGO Hack7 sendiri merupakan pertemuan kolaboratif yang bertujuan untuk mengaktivasi talenta-talenta di bidang media teknologi yang diselaraskan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah untuk menjawab tantangan di 7 area kehidupan, yaitu art and media, business, church and religion, delivery of Media, education, family and health, government and law.

Di acara ini pun juga sama konsepnya, ada 3 role diatas, dijalankan selama 3 hari nontsop mulai dari jumat malam sampai minggu sore. Acara dimulai di hari jumat para pemilik ide dipersilahkan pitching di depan semua peserta, nanti setelah semuanya selesai baru pembentukan tim akhirnya terbentuklah tim-tim dan mereka mulai mematangkan final idenya mau buat apa. Nah di hari sabtunya didatangkan para mentor keren yang siap membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Biasanya yang begini bisa dimanfaatkan untuk meruncingkan ide kita dengan input komentar para mentor yang tentunya punya sudut pandang yang lebih real di dunia nyata apakah applicable apa nggak, apakah profitablekah ? apakah benar apps kita ini memecahkan masalah banyak orang atau mungkin malah kita sendiri yang coba cari-cari masalah padahal sebenarnya ya nggak masalah masalah banget buat orang lain.

Di akhir hari minggu baru deh semuanya pitching,

Sang Pemenang

Dan didapatkanlah pemenang hackaton ini,

Terima kasih untuk seluruh panitia yang semua sudah hebat sekali dalam bekerja.